jump to navigation

Makan-lah Dengan Benar January 23, 2008

Posted by merenung in Kesehatan.
Tags: ,
trackback

Sepertinya, kebanyakan orang jaman sekarang sakit karena dua sebab utama, walaupun masih banyak penyebab lainnya. Dua penyebab utama tersebut adalah pikiran dan pola makan.

Merenungi pola makan yang sudah dijalani selama hidup ini, ternyata banyak sekali yang sudah salah dijalankan. Baik dari cara, jenis, waktu atau banyaknya. Sering kali, karena nikmat, makanan tidak dikunyah dengan baik (dan cukup). Dan itu mengakibatkan beban kerja lambung maupun usus menjadi berat. Belum lagi kegemaran makanan manis, goreng-gorengan atau makanan bersantan. Gurih memang. Makan malam hari, bahkan menjelang tidur. Ada saja yang bilang, kalau perut lapar (kosong) tidur malam tidak bisa nyeyak. Mentang-mentang enak, porsi makanpun menjadi banyak, goreng-gorengan dengan nasi gurih di malam hari. Nikmat…….

Mungkin banyak sudah buku-buku yang mengajarkan cara makan yang baik, kombinasi jenis makanan yang tepat atau bahkan menyesuaikan dengan golongan darah masing-masing orang. Tapi mungkin dan saya yakini benar, adalah cara makan Rasulullah SAW. Makan dengan waktu yang teratur pada saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Ada juga nasehat tambahan untuk cara makan Rasulullah SAW itu, katanya kecuali jam 12:00 sampai dengan jam 18:00 kita hanya boleh makan buah-buahan. Kalau begitu, sarapan dan makan malamnya buah-buahan, sedangkan makan siang boleh bebas…..asal……tidak boleh sampai kenyang.

Mudah-mudahan kita selalu diberikan kekuatan untuk menjaga kesehatan kita dengan menjaga pola makan kita.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: