jump to navigation

Niat Pergi Haji April 2, 2008

Posted by merenung in Serba-serbi.
Tags: , ,
trackback

Suatu kali, Fulana bertanya kepada Fulan; “Fulan, apakah kamu tidak ada niat pergi haji?”

Fulan menjawab, “Ya ada lah. Semua muslim pasti ada niat pergi haji”.

“Udah daftar?”, tanya Fulana lagi. “Belum”, jawab Fulan.

“Udah nabung?”, lanjut Fulana. “Belum”, jawab Fulan.

“Itu namanya pengen. Niat sama pengen beda, Fulan”, potong Fulana.

“Misalnya, sekarang nih, jam satu siang, kita gak bisa niat sholat Asr. Kalo, misalnya kamu ntar mau sholat Asr di Masjid Raya, itu namanya pengen. Bukan niat. Ntar kalo udah jalan ke Masjid Raya, udah ambil air wudhu, udah masuk waktu Asr, udah bediri diatas sajadah, baru deh niat sholat Asr. Sekarang kamu cuma bisa niat pergi ke Masjid Raya, kalo ada alokasi waktunya, ada kendaraannya dan seterusnya”, jelas Fulana panjang lebar.

“Nah, kalo mau niat pergi haji gimana dong. Belum mampu. Uang belum ada”, tanya Fulan.

“Belum mampu kan belum wajib ibadah haji. Walau ibadah hajinya belum wajib, tapi niat pergi haji kan boleh. Sisihin aja tiap hari lima ribu rupiah, ditabung, sambil di-do’a-in, minta sama ALLAH supaya diberi kemudahan untuk pergi haji. Kan yang mengundang ALLAH. Walaupun mampu, kalau budeg, dipanggil-panggil yang gak berangkat-berangkat. Yang penting kita mengusahakan niat kita itu. Jangan cuma pengen aja. ALLAH Maha Kaya. NantiALLAH juga yang mencukupi. Mampu atau belum mampu, berangkat atau tidak berangkat bukan kita yang menentukan”, Fulana jadi menasehati.

“Ya udah, nanti aku mulai nabung sedikit-sedikit”, sahut Fulan agak sedikit melemah.

“Yang penting ikhlas”, sambung Fulana. “Iya….., iya……., yang penting ikhlas….”, si Fulan menjauh.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: