jump to navigation

Da’wah dan Syiar April 23, 2008

Posted by merenung in Kehidupan.
Tags: , ,
trackback

Tadi siang di ruang kerjaku, sambil menunggu waktu Dhuhur, kami bertiga saling mengingatkan dan menasehati.

Kawan yang satu mengingatkan kalau pada diri kita masing-masing individu melekat kewajiban untuk berda’wah. Sementara dalam pandangannya, umum mengenal da’wah dilakukan layaknya para da’i kondang berceramah diatas panggung. Tentu ini pandangan umum yang kurang sesuai. Jadi kawan yang satu ini menekankan pentingnya da’wah dengan tertib (adab yang benar) sebagaimana dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW.

Kawan yang lain menanggapi, bahwa sebaiknya kita juga memanfaatkan teknologi yang tersedia saat ini, contohnya dengan membuat dan menulis didalam blog. Tentu kawan yang satu menyanggah, bahwa itu bukan cara da’wah yang dimaksud, sambil menengok ke arahku. Segera terlintas bahwa yang diperbincangkan tidaklah sama, sambil aku melontarkan pertanyaan; “Apa bedanya da’wah dan syiar?”. Tentu kedua kawan ini segera tersadar, bahwa yang satu berbicara tentang da’wah sementara yang lain menyahuti dengan anjuran syiar.

Sedikit menyimpulkan bincang siang itu,

da’wah yang artinya (kira-kira) mengajak dalam berbuat kebajikan amal shaleh wajib kita lakukan dari lingkungan yang paling kecil, yaitu kepada istri dan anak-anak kita, sampai yang paling luas kepada khalayak umum di muka bumi ini.

sementara syiar yang artinya (kira-kira) menyebarkan Islam (dalam segala aspek) dari sekedar memberikan contoh teladan sampai membangun simbol-simbol harus juga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi. Contoh sederhananya seperti membuat dan menulis blog.

Aku langsung menyahut; “Aku sudah punya !”, he…he….he……, untung sudah punya. Kawan yang satu belum mencoba, tapi sepertinya dia akan segera menulisnya.

Lalu, apa alasan kita tidak menjalankan da’wah dan syiar, kalau semuanya serba mudah, tersedia dan gratis. Bukan hanya da’wah saja dan bukan syiar saja. Da’wah dan syiar sekaligus, mulai dari sekarang.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: