jump to navigation

Honda Jazz VTEC May 29, 2008

Posted by merenung in Serba-serbi, Umum.
Tags: , , , ,
trackback

Selepas azan magrib ada peristiwa yang lucu di rumah. Pulang kantor aku menengok vas bunga diatas piano, dimana biasanya surat-surat yang datang diletakkan. Sepucuk amplop coklat panjang ada disana. Aku ambil dan baca sampul muka tertulis nama anak bungsuku yang baru duduk di kelas 4 SD. Si pengirim tertulis Bpk. Yusuf Efendi, d/a: Jln. Berlian Raya II No. 54 Jakarta Pusat. Penasaran aku duduk di meja makan sambil mulai merobek sampul coklat itu.

Didalam sampul terdapat 4 (empat) lembar kertas. Dua lembar dengan letter head ILP (International Language Programs), satu lembar dengan letter head Departemen Keuangan Republik Indonesia, Direktorat Jendral Pajak dan satu lainnya dengan letter head Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Metro Jakarta Raya. Surat itu ditujukan kepada Pemenang Undian “Grand Prize Kupon Undian ILP Periode 2008. Hadiannya berupa 1 (satu) unit Mobil Honda Jazz VTEC.

Anak bungsuku yang memperhatikan dan duduk disampingku langsung berteriak, “Aku dapat mobil Honda Jazz….!!!”. Anak istriku langsung berlari menghapiri sambil tertawa-tawa. Tidak perlu diceritakan bagaimana ucapan syukur itu berkali-kali diucapkan sambil mulai berebut, “Nanti buat aku”, cetus anakku yang tengah. “Aku yang punya”, sahut si bungsu. “Buat mas aja”, lerai istriku. Dan seterusnya. Sementara aku terus membaca dan mulai curiga.

Surat itu baru diterima sore ini, kenapa terdapat tulisan “Pengiriman hadiah ditutup pada tanggal 26 Mei 2008”. Contact person Bapak Drs. Yusuf Efendi justru mencantumkan nomor HP, 0816 187 6667. Potongan kupon undian yang dilampirkan memang asli tulisan anak bungsuku di lembaran ke 2. Jika diperhatikan masing-masing tanda tangan yang tercantum, walaupun berbeda, sepertinya dibuat oleh satu orang karena gaya goresannya mirip-mirip. “Coba telpon ILP Cinere”, aku meminta istriku untuk mulai cross check.

Sambil naik ke lantai atas, istriku tertawa-tawa dan disambut tiga orang temannya yang kebetulan sedang ada di rumahku. Mereka berpelukan sambil menangis. Menangis bahagia. Lucu sekali. Sementara anak-anakku berbantah-bantahan soal siapa yang boleh pake mobil itu dan seterusnya. Sesaat rumahku ramai sekali, penuh dengan tawa riang. Aku masuk kamar, sambil tersenyum-senyum, ambil air wudhu dan sholat Magrib. Jujur, aku bahagia, senang melihat mereka tertawa-tawa. Walaupun aku sudah mulai ragu dengan kebenaran surat itu.

Saat tersambung ke ILP Cinere, si penerima telepon langsung meminta ma’af saat mendengar pertanyaan istriku. “Ma’af bu, itu penipuan. Pihak kami mungkin teledor sewaktu memusnahkan kupon-kupon itu masih ada yang tersisa. Beberapa orang sudah menghubungi kami dan menanyakan hal yang sama. Saat ini sedang dalam penyidikan Polisi”.

Istriku mencoba menelpon no HP yang tercantum di lembar depan. Terdengar suara laki-laki yang saat dimintai informasi tentang surat ini langsung menjawab; “Ma’af bu, bisa menelpon kembali lima menit lagi?” He…he….he……., sudah mulai yakin penipuan. Istriku mencoba menelpon nomor kantor ILP Pusat yang dicantumkan oleh penipu itu di letter head, 62 21 3089 2299. Sewaktu diterima secara agak sedikit kampungan oleh seorang laki-laki, istriku mencoba berpura-pura menanyakan “Apakah ini tempat kursus bahasa Inggris”. Sedikit ragu, laki-laki itu menjawab singkat “Ya…”. Istriku meneruskan, “Saya mau minta informasi tentang kursus bahasa Inggris”. Terdengan suara agak ribut dan teriakan tangisan bayi di latar belakangnya, laki-laki diseberang telepon menjawa, “Bisa telpon kembali besok?”. Istriku langsung menutup telepon mengakhiri percakapan itu.

Gelak tawa semakin ramai di rumahku. Kali ini karena mentertawakan tingkah polah kita serumah saat pertama mengetahui anakku menang hadiah mobil. Pasalnya, anak sulungku memang pernah mendapat DVD Player merek Philips dari ILP karena menang undian serupa beberapa tahun lalu. Jadi sangat wajar kalau seisi rumah seakan percaya bahwa anakku memang menang undian berupa mobil.

Beberapa saat berlalu, semua orang sudah melupakan peristiwa itu. Saat kawan-kawan istriku pamitan, mereka mengejek sambil tertawa-tawa, “Ntar kalo Honda Jazz nya dateng, kita diajak jalan-jalan ya mbak”. Semuapun tertawa lepas. Ternyata mudah sekali kita merasakan bahagia, hanya dengan triger bayangan hadiah mobil. Tidak ada sedikitpun rasa kecewa dihati, karena masing-masing kita memang tidak berharap. Walaupun anak bungsuku sempat berkata, “Sebenarnya aku pengen sih hadiah mobil, pa”. Aku mendengarkan sambil tertawa.

Page 1

Page 2

Page 3

Page 4

Comments»

1. Frans Sebastian - June 4, 2008

Beberapa tahun yang lalu adik saya juga mengalami hal yang hampir sama: ‘mendapat’ Avansa dari salah satu merk mie instant. Berkat kejelian bersama dan ‘ketidakrakusan’, kami berhasil lolos.

Dari pengalaman itu, kami belajar bahwa ‘nafsu’ memiliki dengan cara mudah sering ‘membahayakan’.

Saya gembira bahwa kisah itu jadi ‘kisah kenangan’ yang memancing senyum dalam keluarga Bapak.

2. Ash - August 1, 2008

aduhhh…duhhhh…..saya disatu sisi merasa beruntung dngn bnyknya kejadian penipuan tapi juga banyak orang yg semakin pintar memilah-milah mana yang benar dan yg salah. Dengan begini semakin banyak orang akan belajar dari pengalaman2 yang pahit2.Tapi bukan berarti memanfaatkan penderitaan orang lain. Kenapa saya bisa sampai k blog ini?? Karena kejadian undian berhadiah dari ILP ini persis seperti apa yg baru saja terjadi pada saya. Alhamdulillah kami masih bisa berkepala dingin dan selektif karena memang seingat saya, ILP pernah memingatkan anak muridnya untuk berhati-hati atas modus penipuan yang meminta biaya.

Cop surat persis seperti yg terlampir pada gambar. Jadi saya sekarang semakin yakin kami sudah menjadi korban penipuan yang beruntung belum merugikan kami selain daripada kebahagian sesaat kami. Tapi itu gak seberapa dibandingkan dengan apabila kami benar2 tertipu dan kehilangan dalam materi yang banyak. =)

Orang ini dengan contact person: Bp. Helmi Kurniawan dengan no.HP: 0812-10559755, di cop suratnya ILP Menara Tower Building 9-10 Floors. Jl.Jend.Sudirman Kav.34, Jakarta-Indonesia. (Sedangkan gak ada ILP di Sudirman!!) dan dengan no.telp: (62-21)30892299 << mungkin hanya no sadapan karena line tidak bersih.

Demikian mohon yang lain juga bisa lebih berhati-hati.

3. aramintaa - October 28, 2008

yampuuunn
baruu aja sayaa dpt surat yg persis sm ky di atas..gak percayaa soalnyaa pas cp dtelpon bnr2 ribet dan itu dlm keadaan rame bgd.ga kdgnran suaranya
lgsg aja saya tlp ILP CINERE trus di bilangin sm mbak2nya kl itu penipuan.hadiah sbnrnya itu adlah jln2 ke singapur dan bukan hadiah mobil dan undian itu sdah dilaksanakan bln februari 2008 yg lalu,sdgkn saya baru mndpt surat tsb sore ini tgl 28 oktober 2008

yaa alhamdulillah aja krn saya dan keluarga saya msi di lindungi sm Allah SWT.,penipuan itu tdk terjadi sm saya dan keluarga
emg jaman skrg tuh hrs hati2 bgd..

4. Mario Tri S - November 3, 2008

barusan gw jg dapet undian yg sama dr ILP, persis kyk yg diatas, dapet Honda jazz, Contact nya jg sama 0816 187 6667, tp nama nya ari prasetyo (penipu kelas teri). dia mau jd penipu tp otaknya ga ada, kosong..!! gw mau ngasi saran aj bwt tu org, klo mw nipu jgn bgitu2 bgt, masa pas di telp. ngmngnya bgitu. pake ngasi rek. BRI lg, dia gatau klo bkp gw org BRI, sekarang lg dilacak ma bkp gw. bkp gw jg uda blng, gampang ngelacak dia.
saran aja buat yg lain, kalau dapat undian kyk gt, jgn telp. ke no. yg dia suru, tp telp ke call center produk itu dulu.

5. Natz - December 17, 2008

Gw jg barusan dpt tuh lembar penipuan.. Gw rasa ni yang mau nipu rada-rada bego deh.. Dy mau nipu kita yang udah lama d ILP?? Mana bs.. Kt kan bs lgsg ngecek k ILP ny dlu, knp kt mesti nelp dy dlu.. Haih.. Jaman skg penipu ky gt mana bs dpt hasil, kmampuan nipunya belum ada..hahaa.. Thx GOD krna kt tdk tertipu..

6. iReNe - December 22, 2008

w JuGa DaPeT NTu SuRaT PNiPuaN..
HaHaHaHa..!!
PeRSiS Dhe..
MaSa ILP PuSaT d JLn GRaHa uTaMa KaV. 77??
DoNGo BGd Ce…??!
w KsH SaRaN Dhe aMa NTu PNiPu eGo..
MNdiNg NiPu oRaNg KaMPuNg..!!
HaHaHa..
MaNk w PrCaYa??
DHa MaNa MaKSa Lg Si TuKaNg TiPu..
SuRuH BaYaR 5% ( 7.500.000 )..
SCePaT’a??
HaHaHaHa..
eMaK Lw Ja Yg BaYaRiN..
HaHaHaHa..

7. tan - January 29, 2009

Hari ini saya jg dapat kiriman yang serupa..
berupa amplop coklat yang ber isikan 4 kertas..
tp blom dipastikan apakah itu benar atau tidak..
tapi setelah membaca blog ini..
saya menjadi yakin klo ini hanyalah penipuan..
dan setau saya..hadiah di ILP itu hanya pergi ke singapura..
bkn nya Mobil Honda Jazz..^0^..
btw..sebenarnya..Kntr ILp pusat tuh terletak di mana sih?

8. DRM - February 5, 2009

Hari ini saya dapat kiriman serupa, hampir aja tertipu.
Seharusnya ILP bikin pengumuman lwt media televisi atau cetak juga dipampang di seluruh outlet ILP yang ada.mengingat sudah banyak yang hampir jadi korban apalagi yang bikin kita percaya potongan undian adalh asli bekas kupon undian ILP beberapa wkt yang lalu yang mungkin akibat keteledoran ILP dalam hal pemusnahan kupon bekas undian…

9. din - February 5, 2009

hahaha saya juga baruu saja kena hal yang sama. tapi berhubung saya sudah curiga dari awal. saya cek smua kebenarannya…
ternyata MAAF YAA saya ga bisa ditipuuu…… hehehehehehe

10. mila - February 20, 2009

haahaa. . ngaco bgt dah tuh orang! ternyata adiknya tmn gw jg mengalami hal serupa loh. mm, agak gak tolol sih yg nipu itu. dikira orang bakal percaya gitu aja. apalagi tulisan dan ejaan di surat itu yang kalo dilihat lebih teliti ternyata banyak salahnya. lihat aja tanda baca, tanda kapital dan susunan bahasa yang ngaco, gak jelas, dan ambigu. gak akan deh orang percaya gitu aja. haahaahaa.

11. savero - March 4, 2009

hahaha…

gw juga baru dapet tuh kemaren…

sama persis…..

makin jago aja orang nipu….

12. abdul ghafar - May 4, 2009

aduh…temen gw ada yang ditipu…..
gw gak tau apa2,,,taunya udah dapet kabar dia rugi sekian juta….
bagi sodara2 sekalian,,tolong bantu saya ya,,,,kalo ada informasi yang bisa membantu untuk melacak si penipu….
tolong kirim info ke email saya di http://www.aghafar36@yahoo.com
saya harapkan bantuan sodara2 sekalian….
trims…

13. Indri - July 17, 2009

Waduuhh….. ternyata udah banyak korbannya yach dari dulu. Hari ini baru saja aku dapet lembaran yang sama, bedanya aku cuma dapet 3 lembar, lembar pertama dari ILP yang menyatakan bahwa aku yang menang, lembar kedua dari notaris, yang bener2 bisa meyakinkan klo bener2 aku lah yang menang, coz ada photo pengundian, lembaran kupon yang bener2 tulisan aku, dan tanda tangan notaris plus stempelnya, dan lembaran yang ke tiga dari kepolisian. Nama pengirimnya juga sama, Drs. Yusuf Effendi, hanya saja nomor hpnya berbeda. Begitu dapet aku dah curiga, secara aku ikut ILP sudah selesai dari tahun 2007, masa undiannya baru di umumin sekarang, tahun 2009. ANEH KAN..??? Kecurigaan kedua adalah, dia mengirim dengan amplop putih, ILP kan punya amplop sendiri, dan kecurigaan yang ketiga, dia menyuruh kita menghubungi seseorang bernama Drs. Yusuf Effendi itu ke nomor hp. Dah bisa dipastikan ini PENIPUAN. Tapi, biar gak penasaran aku googling nomor telepon ILP Pusat, YANG TERNYATA nomornya berbeda banget…. dan pas aku telepon ke petugasnya, dia mengatakan klo ini penipuan. Dan MASIH DALAM PENYELIDIKAN… Whatt?? masa masih dalam penyelidikan??? dah jelas2 ada nomor hp dah jelas2 ada nomor telepon ILP Pusat PALSU… trus kenapa blom selesai yach?? Takutnya mereka TETEP SEMANGAT… menemukan orang yang percaya dan akhirnya kena TIPU… Semoga masyarakat Indonesia Sudah Pintar yach dan bisa menilai yang Realita dan Penipuan. Semoga pelakunya cepet ketangkep dech. Amin…

14. meryl - August 5, 2009

waaah. gw dapet juga, sama persis kaya Indri: 3 lembaran, yg pertama dari ILP, lembar kedua dari notaris + tempelan undian yg pernah gw isi pas tahun 2007,( gw setuju bgt ama tan, sepengetahuan gw, ILP cuma ngadain undian berhadiah ke singapura. tapi gw dapet mobil honda jazz (lhaaa?)) lembar ketiga copy-an asli dari polda metro jaya dgn. ttd. inspektur jenderal polisi adam firman.
Untuk surat gw ini, pengirimnya adalah Drs. Tedy Nugraha (Drs! yeah as if) yang mengaku-ngaku menjabat Kabag Humas ILP. Si Drs. Tedy ini juga nyantumin no. HP di hal. pertama.
Yang bikin curiga, pas gw liat bagian alamat ILP Pusat yg tercantum di surat. Alamat sih bener, Jl. Raya Pasar Minggu No.39A (ada di website resmi ILP) TAPI pas gw ngecek no. telpon yang tertera dibawahnya…kok beda sama di web aslinya? krn curiga, gw iseng2 googling tuh nomor aka 021-30892299. Ehhhh muncul banyak di web, salah1nya ya halaman penipuan ini. God…. thank god gw gak termakan tipuan ini!

15. dinda - January 14, 2010

Ya ampun syukur2 deh gue ga ketipu duluan untung gue ati2 googling dulu nyari alamat yang benernya kantor pusat ilp dan yang paling benar bahwa surat yang gue terima hari ini palsu feeling dari pagi waktu ditlp nyokap haha begok bgt nih org2 masa ngasih nomor tlp dari dulu ampe skrg sama aja hahhaa
notaris itu2 juga lagi (Herry Bangsawan)
direktur sumber dana sosial nya juga sama (Wiryawan Darmaji)

wahwah bodoh bgt bi penipu,gaptek sih gak mikir bakal dimuat di blog kali ya penipuan kayak gini wkwkkwk

16. christya - May 13, 2010

gw jg ditipu brusan dpt hadiah jazz, nomor d letter head 30892299. suratnya emg bnr2 tmpak asli aplg ad kupon dgn tulisan tgn asli.
gw jg googling nomer ilp pusat n kebuka web ini. fiuhh ga ketipu.
lgan ud ga les sana 2 taun+ tb2 bs menang.
jangankan mobil,payung aja ga pernah dpt gw.hahahahhah!

17. alex - June 24, 2010

kasus serupa menimpa anak saya, agak kaget tiba tiba anak saya sms katanya penting terus saya pikir ada apa ya…setelah telepon anak saya cerita kalo dia dapat undian dari ILP hadiahnya Honda Jazz dengan bersemangat dia cerita dan katanya harus mengeluarkan uang nah ini saya berfikir kalo udah pakai uang duluan pasti penipuan terus saya tutup nanti di cek dulu, saya searching melalui google dengan mencari no tlp kantor pusat ILP setelah saya dapat ternyata benar banyak kasus serupa yg menimpa temen temen, saya penasaran saya bel tlp yg ada dan saya sampaikan mobil jazz anda silahkan ambil di saya sekarang ternyata keluar lah omongan kebon binatang saya bilang dasar penipu

18. HERY - July 8, 2010

kasus itu baru terjadi juga sama adik gw.. dapat honda jazz… gw juga agak kaget…dengan senang nya adik gw bilang” mas saya dapat hadiah dari ILP” terus gw tanya ikut undian tahun berapa 2007 katanya. terus gw bilang ini kan tahun 2010.. lah kok bisa undian 3 tahun lalu kenapa baru sekarang.. terus gw googling cari info… wah ternyata penipuan. gw wanti2x ke adik gw jangan ditanggapin undian seprti itu… cuman abisin pulsa..doang.


Leave a Reply

