jump to navigation

Mushalla di Ocean Park – BSD October 6, 2008

Posted by merenung in Umum.
Tags: , , , ,
trackback

Mumpung masih cuti Lebaran, Senin siang aku mengantar anak dan ponakan untuk berenang di Ocean Park Bumi Serpong Damai.

Seingatku, ini kali ke-tiga aku ke tempat ini untuk mengantar anak dan ponakan berenang. Aku memang tidak masuk kedalam dan memilih menunggu sambil duduk-duduk cafetaria di depan pintu masuk. Biasanya sambil baca buku dan ngemil.

Seperti biasa, waktu berjalan dan melewati waktu shalat. Kali ini melewati waktu shalat Asr dengan yakin aku beranjak menuju ke pintu keluar dimana biasanya ada jalan pintas ke mushala. Berniat permisi kepada dua satpam penjaga pintu keluar, jawabannya ternyata diluar tidak sesuai dengan yang aku harapkan. “Ma’af pak, mushala ada di luar di lokasi parkir”, jawab salah seorang satpam dengan cukup sopan. “Oh…, terima kasih”, jawabku singkat. Kemana mushala yang ada di dalam arena Ocean Park yang luas itu, pikirku.

Aku berjalan menuju tempat parkir yang sangat luas, sambil terus berzikir karena yakin makin banyak langkah menuju tempat shalat, makin banyak pahala yang akan aku dapat. Ternyata mushala itu terletak jauh di pinggir area tempat parkir, mungkin 500 meter dari pintu masuk Ocean Park. Area parkir terbuka dan cukup panas sore itu cukup mengikis keikhlasan langkah kaki. Ditengah perjalanan aku bertemu petugas kebersihan dan kembali aku bertanya untuk menegaskan, “mas, mushala dimana ya?”. Sambil menunjukkan bangunan di pinggir area parkir yang jauh itu dia menjawab, “disana pak”. Kurang puas dengan jawabannya, aku sambung lagi “yang di dalam, di bawah sana tidak ada?”. Dia menjawab mantap, “tidak pak, ada disana”, sambil kembali menunjuk tempat itu.

Aku berjalan menuju tempat itu walau tetap berzikir dan berharap balasan dari ALLAH, otak ini segera bertanya dan menebak. Benar saja, sampai di tempat itu, terlihat tempat wudhu yang kurang terawat. Ruang mushala yang kosong kelompong, karpet hijau yang cukup berpasir dengan dua sajadah lusuh (kumal) dan dua orang satpam yang sedang sholat di dalamnya. Aku langsung saja ikut jama’ah.

Jika dibandingkan dengan arena bermain (hiburan), cafetaria dan deretan rumah makan yang terletak di depan Ocean Park itu, mushala yang disediakan oleh pengelola sangatlah kurang memadai. Di area parkir yang panas dengan lokasi yang tidak terawat seperti itu, rasanya pengelola memberikan penghargaan yang kurang pantas. Selain tidak terjangkau oleh petugas kebersihan, rasanya pengawas kebersihan pun jarang sampai ke tempat itu. Masih lebih baik waktu-waktu yang lalu, dimana mushala ada di dalam arena bermain, di pojok kanan bawah pintu keluar arena. Lumayan bersih karena (terpaksa) dirawat oleh petugas kebersihan arena yang sama dengan petugas kebersihan arena bermain (kolam renang) dan tempatnya tidak jauh untuk dijangkau dengan berjalan kaki.

Semoga pengelola Ocean Park – Bumi Serpong Damai mengembalikan (mengaktifkan kembali) mushala yang terletak didalam arena bermain (kolam renang), karena lebih pantas dibandingkan dengan mushala di area parkir yang panas itu.

Waktu aku meng-copy tulisan ini ke wordpress (jam 17:15 sore), masih di cafetaria, penuh sesak dengan orang yang selesai berenang dan menanti hujan deras (dan angin keras) yang mengguyur BSD. Aku jadi kepikiran, gimana kalo orang mau sholat saat hujan lebat seperti ini. Bisa basah kuyup menyeberangi area parkir yang luas itu…he…he…he…….

Comments»

1. Yoza - October 8, 2008

harga tiket masuknya berapa kirim ke xxxxxxx@hotmail.com pls informasinya.. makasih ya

tiket 60 ribu. deposit smart card 20 ribu (refundable). bisa sewa ban dan locker. kalau punya kartu kredit bca atau mandiri bisa buy one get one free. lumayan……

2. WishKnew - December 30, 2008

Ada kok di dalam, di dekat ruang ganti…

kalau dibaca kembali, memang sudah dua kali aku menemukan mushala di dalam. tetapi yang terjadi saat itu, satpam tidak memberikan ijin aku masuk area dan justru mengarahkan ke lapangan parkir. mudah-mudahan sekarang sudah boleh kembali sholat di dalam (dekat ruang ganti). terima kasih sudah mampir dan memberikan komentar.


Leave a Reply

