jump to navigation

Hidup Adalah Misteri August 7, 2009

Posted by merenung in Kehidupan, Umum.
Tags:
trackback

Ada kawan berpendapat, kematian itu misteri. Karenanya memikirkan soal hidup dan cara menjalaninya adalah jalan untuk menjawab misteri itu. Aku berfikir sebaliknya, hiduplah yang menjadi misteri, sedang mati itu jelas dan pasti.

Mengapa kawan bilang kematian itu misteri, menurutnya karena kita tidak tau apa yang terjadi disana. Sebaliknya menurutku, justru kita tidak tau apa yang telah, sedang dan akan terjadi di dunia ini.

Di dunia ini; orang baik belum tentu hidup enak. Orang jahat belum tentu hidup susah. Orang susah bilang hemat pangkal kaya, sementara orang semakin boros ternyata semakin kaya. Semacam hukum yang tidak pasti. Orang yang tertangkap dengan kardus-kardusan pil haram diganjar 1 tahun, sementara ada yang diganjar 4 tahun hanya untuk satu butir pil yang sama yang tidak diakui sebagai miliknya. Menyerang dan menggulingkan suatu pemerintahan negara lain dengan alasan yang terbukti keliru disebut pionir demokrasi, sementara berjuang karena diusir dari rumah hunian sejak tahun 1958 disebut pemberontak. Itu semua terjadi di dunia, masya ALLAH. Suatu tempat yang tidak pasti yang merupakan misteri (menurut pendapatku).

Kematian; semua sudah pasti mati dan akan mati. Insya ALLAH, pasti akan ditanya dan diadili, sekecil apapun. Pasti tidak ada muslihat dan dusta. Pasti semua amal baik, diganjar dengan kebaikan. Semua amal buruk, pasti akan dibalas keburukan. Tidak koneksi, tidak ada relasi, tidak ada status sosial, tidak ada jabatan, tidak ada semuanya. Semua gamblang terang benderang. Dan itu semua pasti dan tidak ada misteri. (paling tidak itu menurut pendapatku)

Tapi, mempersiapkan bekal untuk semua yang sudah pasti itu (kematian), memang tempatnya di dunia yang penuh misteri ini. Karenanya, jangan bertaruh untuk suatu misteri (kehidupan), karena sesungguhnya misteri hanyalah sebuah ketidak pastian.

Jadi nasehat kawanku dan aku tetap sama, persiapkanlah bekal kematian selagi kita punya kesempatan dalam kehidupan di dunia ini.

ALLAH Yang Maha Benar dan Mengetahui.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: