jump to navigation

Logika Bolak-balik December 19, 2009

Posted by merenung in Serba-serbi, Umum.
Tags:
trackback

Lama-lama kok nggak tahan jadi pengen nulis lagi. Mengikuti perkembangan belakangan ini, rasanya emosi ini memang perlu penyaluran, dan tulisan mungkin bisa menjadi pelipur gejolak itu.
Rasa-rasanya rakyat negara lain lebih punya kepercayaan diri. Rakyat kita sepertinya cuma punya cerita masa lalu. Punya nenek moyang sehebat Patih Gajah Mada. Punya nenek moyang pelaut, pejuang dan seterusnya.
Belakangan ini rakyat seolah semakin kurang akal (bahasa halusnya bodoh). Bagaimana tidak, orang-orang pandainya sering berbicara yang bertolak belakang dengan logika rakyat. Di semua lahan hidup. Dagang, budaya, sosial, politik, apalagi hukum.
Paling gamblang untuk logika bodohku contohnya. Para orang pintar bisa bilang uang kucuran dana Bank Century bukanlah uang negara (bukan uang milik negara yang arti logika sederhananya negara tidak memiliki uang itu). Ini Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kok bisa bukan uang negara, hanya karena sebagian besar (atau kecil ya) uangnya merupakan setoran dari bank-bank peserta. Padahal pada mulanya, negara memberikan setoran (4) empat triliun sebagai modal awal.
Bayangkan saja seandainya kita menyetorkan uang sebesar (4) empat juta untuk modal awal membuat warung bakso, yang kemudian oleh pengelolanya dikembangkan , setelah bertahun-tahun menjadi restoran besar dan maju dengan aset (4) empat milyar. Apa bisa si pengelola kemudian bilang itu restoran bakso bukan lagi milik kita. Bagimana menjelaskan kepada logika jelata seperti ini?
Sebagaimana pencuri (3) tiga butir kakao yang dijatuhi hukuman, sementara penikmat (6,7) enam koma tujuh triliun hendak dilenggang bebaskan karena bukan pencurian sederhana seperti mengambil kakao. Mengapa “gap” kecerdasan rakyat dengan cerdik pandai bangsa ini menjadi semakin jauh  melebar seperti ini?

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: