jump to navigation

Dosa Klasik July 12, 2010

Posted by merenung in Kehidupan, Simple, Umum.
Tags: ,
trackback

Sombong

Sepengetahuanku, dosa mahluk ALLAH yang mula-mula tercatat adalah dosa amalan hati yang mungkin disebabkan oleh dorongan sifat (karakter) yang buruk dari mahluk itu sendiri.

Dosa pertama, adalah dosa iblis yang menentang perintah ALLAH karena “kesombongan hatinya”.

Surah Al A’raf

7:11. Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: “Bersujudlah kamu kepada Adam”; maka mereka pun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud.

7:12. Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?” Menjawab iblis: “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah”.

Kemudian disusul dengan dosa kedua, yaitu dosa manusia pertama Adam AS atas “sangka buruknya kepada ALLAH” karena hasutan iblis.

Surah Thaha

20:117. Maka kami berkata: “Hai Adam, sesungguhnya ini (iblis) adalah musuh bagimu dan bagi istrimu, maka sekali-kali janganlah sampai ia mengeluarkan kamu berdua dari surga, yang menyebabkan kamu menjadi celaka.

20:118. Sesungguhnya kamu tidak akan kelaparan di dalamnya dan tidak akan telanjang.

20:119. dan sesungguhnya kamu tidak akan merasa dahaga dan tidak (pula) akan ditimpa panas matahari di dalamnya”.

20:120. Kemudian setan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: “Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?”

20:121. Maka keduanya memakan dari buah pohon itu, lalu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga, dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah ia.

Iri Hati

Dosa yang ketiga, adalah dosa dari anak cucu Adam AS yang “iri hati” atas qurban saudaranya yang diterima sementara qurbannya ditolak ALLAH.

Surah Al Maaidah

5:27. Ceriterakanlah kepada mereka kisah kedua putra Adam (Habil dan Kabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan kurban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Kabil). Ia berkata (Kabil): “Aku pasti membunuhmu!” Berkata Habil: “Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa”.

Dosa kriminal pertama adalah “pembunuhan” akibat “iri hati” yang tidak dapat dikendalikan ini. Inilah dosa fisik yang tercatat pada awal keberadaan manusia. Dosa-dosa fisik lainnya mungkin hanyalah mengikuti penyakit hati.

Saat ini, begitu banyak dosa-dosa dilakukan oleh manusia yang dipicu oleh keburukan hati. Dosa hati yang klasik adalah sombong, sangka buruk dan iri hati itu. Sementara dosa hati lainnya mungkin hanya merupakan turunan dari ketiga akar dosa ini, seperti serakah, licik, munafik, ghibah, hasud dan seterusnya.Karena halus dan tidak terlihat, sering kali abai atau bahkan tidak menyadari bahwa hati sedang sakit dan terus menerus membuat dosa.

Hidangan

Sebulan lagi Ramadhan akan datang. Semoga ALLAH memberikan kesempatan untukku berjumpa dengan bulan yang dimuliakan ini. Semoga kesempatan mendapati bulan Ramadhan kali ini dapat menyembuhkan penyakit hatiku dan mencegahku tergelincir kedalam kebinasaan.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: