jump to navigation

Bodho Kupat September 14, 2010

Posted by merenung in Serba-serbi, Umum.
Tags: , ,
trackback

Entah kapan mulanya tradisi mudik negeri ini. Rasanya waktu kecil dulu, aku tidak ingat merasa mengalaminya. Bak suatu keharusan, mudik menjadi suatu kebutuhan yang dipaksakan, kalau tidak mau disebut pelampiasan. Bagaimana tidak. Entah berapa ongkos ekonomi (belum lagi kehilangan jiwa dan waktu) yang terhambur dan menguap untuk tradisi yang mungkin hanya ada di negara ini saja.

Baju baru, motor baru, mobil baru menjadi pemandangan yang sudah biasa didapati saat lebaran tiba. Dan mudik menjadi ajang pamerannya. Mungkin juga karena sudah tak tahan menahan hawa nafsu, setelah mengendalikan yang halal selama sebulan di bulan Ramadhan. Lebaran adalah tumpahan pelampiasan itu.


Padahal tradisi lama masyarakat Jawa khususnya, rasanya justru bukan seperti itu. Mereka sudah mengenal “Bodho Kupat / Lebaran Ketupat” turun-temurun sejak lama. Tradisi masak ketupat seminggu setelah Lebaran, mungkin memang karena mereka hanya berbuka sehari pada hari Raya Ied saja. Kemudian menyambungnya dengan Puasa Syawal selama seminggu. Hal ini oleh Walisongo, mungkin juga dimaksudkan untuk mengendalikan liarnya hawa nafsu setelah dikekang selama satu bulan penuh. Jadi dilepas sehari, lalu diikat lagi selama seminggu.


Mungkin perlu kembali direnungi, apa arti “Mudik Lebaran” sesungguhnya. Apakah tradisi ini tercipta belakangan dan hanya sebagai pelampiasan hawa nafsu belaka, atau memang ada makna mulia dibaliknya. Apalagi kebanyakan pemudik sudah tidak memiliki orang tua kandung lagi di kampungnya. Kalau silaturahim yang menjadi alasan utama, mengapa pula teknologi tidak dimanfaatkan. Dari surat sampai video chatting sangat mudah digunakan.

Kalaulah tradisi mudik ini memang hanya pelampiasan setelah tertekan selama sebulan (atau malah sebelas bulan), rasanya “Puasa Syawal” seharusnya digalakkan lagi untuk penyeimbang. Wa ALLAHu a’lam.

Selamat Hari Raya Iedul Fitri – Mohon Ma’af Lahir dan Bathin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: