jump to navigation

Beda Harga Nasionalisme December 24, 2010

Posted by merenung in Serba-serbi, Umum.
Tags:
trackback

Nasionalisme menurutku adalah paham tentang bagaimana mengekspresikan kecintaan kita terhadap bangsa. Nasionalisme sulit diukur apabila tidak diekspresikan, walau ekspresi tidak selalu bisa mengukur seberapa besar nasionalisme sebenarnya.

Lihat sebagai contoh, masyarakat kita mengekspresikan rasa nasionalismenya dengan begitu mahal. Supporter Timnas dari Arema (Malang), harus mengeluarkan uang tujuh ratus ribu rupiah untuk tiket kereta api Malang – Jakarta PP. Membeli tenda dan camping di Senayan untuk satu tujuan, membeli tiket final AFF leg 2 antara Indonesia vs Malaysia. Untuk beli tiket saja, mungkin mereka harus merogoh kocek sekitar satu juta rupiah. Di pertandingan nanti, rasanya dia akan mengeluarkan uang lagi lebih banyak untuk membeli pernak-pernik Timnas, dari kaos, topi dan lain-lain. Itu belum termasuk ongkos yang tidak terhitung dari pengamanan antrian, waktu dan energy yang terbuang. Sementara yang gak punya duit, cukup dengan modal kaos dan nonton bareng di banyak tempat. Semuanya membuang uang  demi kebanggaan para nasionalis.

Hal yang sebaliknya terjadi di strata penguasa dan pengusaha. Ekspresi nasionalisme penguasa sudah tentu melekat menjadi kewajiban. Bagaimana tidak, mereka dibayar mahal untuk itu. Kalau mereka mengekspresikan rasa nasionalisme, hampir pasti kantong mereka bertambah isinya. Makin ekspresif mungkin makin banyak isinya. Mungkin itu juga sebabnya mereka senang ngomong di depan wartawan agar diliput, lepas apakah omongan mereka bermutu atau tidak. Pengusaha justru memanfaatkan ekspresi nasionalisme mereka untuk bisnis. Tentu itu bisa dimaklumi, pasalnya memang itulah mengapa mereka disebut pengusaha. Usaha, usaha dan usaha. Keduanya memperoleh uang dari ekspresi nasionalisme.

Nasionalisme untuk rakyat keluar uang, nasionalisme untuk penguasa dapat uang, nasionalisme untuk pengusaha cari banyak uang.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: